Kamis, 11 Oktober 2012

Menggambar Segitiga Menggunakan Aplikasi Geogebra




                                                                                garis bagi segitiga





     lingkaran dalam segitiga





                                                               
                                                                     lingkaran luar segitiga



Langkah – langkah membuat segitiga pada aplikasi geogebra  :
  1.  Masuk aplikasi geogebra
  2.  Hilangkan koordinat cartesius pada gambar dengan mengklik view, lalu klik Axes
  3.  Buat gambar segitiga dengan menggunakan menu segment between two point
  4.  Setelah gambar jadi klik menu perpendicular bisector untuk membuat garis bagi pada segitiga
  5.  Untuk melihat sudut yg dihasilkan oleh segitiga yg dibuat klik menu Angel. Lalu klik tiap titik pada segitiga searah dengan jarum jam. Misal sudut A, maka klik dimulai dari titik B ke titik A lalu ke titik C, dan seterusnya
  6.  Untuk menggambar lingkaran dalam dan luar segitiga yaitu :

a.    Lingkaran dalam segitiga
Klik menu circle with centre through point, lalu klik pada titik tengah segitiga yg telah dibuat dengan garis bagi, tarik kursor hingga terbentuk lingkaran dalam segitiga.
b.    Lingkaran luar segitiga
Cara sama dengan membuat lingkaran dalam segitiga, hanya gambar lingkaran diperbesar hingga menyentuh titik – titik dari segitiga.

SELAMAT MENCOBA …   


Senin, 01 Oktober 2012

Pemanfaatan Cabri Geometri II Plus Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Pada Pokok Bahasan Geometri


Suprih Widodo, Asep Sopian


Sebagai calon guru yang professional dikhususkan memiliki kemampuan dan keahlian untuk mengajar. Oleh karena itu mereka perlu dibekali dengan penguasaan konsep yang benar agar tidak terjadi kecenderungan untuk melakukan kesalahan pemelajaran konsep mata pelajaran.
Menurut Edgar Dale (Moore), pengalaman belajar yang paling tinggi nilainya adalah dengan kontak langsung, sedangkan pengalaman belajar yang paling rendah adalah pengalaman belajar dengan ucapan.
Cabri geometri II plus adalah sebuah software yang bisa digunakan secara interaktif untuk pemelajaran geometri dan bisa digunakan oleh guru maupun mahasiswa (cabrilog). Beberapa hal yang dapat digunakan cabri geometri II plus adalah mengkonstruksi gambar sama seperti mengunakan penggaris, pensil, jangka, dan lain – lain sehingga hasilnya lebih akurat, dapat di manipulasi hanya dengan mengklik tool yang ada di aplikasi, selain itu gambar dapat diupdate kapan saja.
Aplikasi Cabri Geometri yang digunakan pada pemelajaran konsep dasar matematika I ini adalah Cabri Geometri II Plus. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.  Memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa pemelajaran konsep dasar matematika (geometri) akan ditunjang dengan pemanfaatan Cabri Geometri II Plus.
2.  Guru melakukan persiapan perkuliahan dengan membagi mahasiswa ke dalam beberapa kelompok.  
3.    Menata kursi dan ruangan, sehingga memungkinkan terjadinya interaksi, kerja sama, dan tumbuhnya hubungan interpersonal di antara mahasiswa.
4.    Dosen menyiapkan materi perkuliahan untuk 14 kali pertemuan
5.    Dosen menyiapkan instrument untuk pra test dan pasca test
6. Dosen membagi angket survey untuk meminta tanggapan mahasiswa seputar kegiatan pemelajaran pada mata konsep dasar matematika dengan memanfaatkan Cabri Geometri II Plus.
Dalam kenyataannya, langkah-langkah diatas tidak berlangsung mulus karena adanya beberapa hambatan. Pertama, kultur belajar pasif. Sebagian besar mahasiswa lebih suka menyimak penjelasan materi dari  dosen. Mereka lebih senang jika dosen memperlihatkan cara pemecahan masalah geometri. Kedua, penyelesaian tugas terfokus kepada seseorang. Mahasiswa seringkali menyerahkan penyelesaian tugas kelompok kepada mahasiswa lain yang dianggap mampu secara akademik. Ketiga, sarana perkuliahan.peserta matakuliah tersebut melebihi kapasitas kelas, sehingga belajar menjadi tidak kondusif.
Kesimpulan dari uraian diatas adalah sebagai berikut :
1.          Mahasiswa mata kuliah konsep dasar matematika I mengalami kesulitan dalam logika pembuatan garis, rotasi, refleksi, membuat garis dan meletakkan titik, serta koordinat.
2.   Pemanfaatan Cabri Geometri II Plus merupakan model pemelajaran yang meliputi perumusan tujuan perkuliahan terjemah, pengamatan dosen akan kemungkinan implementasi model, pembentukan kelompok dengan bimbingan dosen, penyajian materi dengan visual dan terakhir evaluasi.
3. Model pemelajaran dengan memanfaatkan Cabri Geometri II Plus mampu mengatasi kesulitan mahasiswa seperti yang dikemukakan di atas. Hal ini terlihat dari rata-rata kelulusan yang meningkat dari 0 % menjadi 95.,34 %. Jika dilihat dari tingkat signifikansinya yang diperoleh melalui perhitungan Uji signifikansi Ttest, dihasilkan Thitung (3.55) < Ttabel dengan db (45) = 2 ,02 (taraf signifikansi 5%); 2,69 (taraf signifikansi 1%). Jadi, pemanfaatan Cabri Geometri II Plus pendekatan kontrastif-kooperatif belum bisa memecahkan kesulitan mahasiswa dan meningkatkan prestasi mereka pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika I.
4.  Berdasarkan hasil pos tes 41 orang mahasiswa, yakni sebanyak 95.34% dapat dikategorikan lulus dan hanya 5.56% yang tidak lulus. Namun, yang memperoleh nilai D lebih banyak yakni 37.20%, C sebesar 48.83%, B sebesar 4.65%, dan tidak ada seorang pun  yang memperoleh nilai A.

          Dari jurnal yang telah saya baca terdapat kelebihan dan kelemahan. kelebihan dari jurnal tersebut yaitu penulis menjelaskan kelebihan yang dimiliki oleh software cabri II plus dibandingkan dengan software - software lainnya. penulis juga menjelaskan keuntungan menggunakan software tersebut. tetapi kelemahan dari jurnal tersebut adalah penulis tidak menerangkan bagaimana tahap - tahap  menggunakan software tersebut.pembaca hanya disuguhkan cerita bagaimana situasi di dalam kelas, bukan bagaimana proses penggunaan cabri II Plus. disamping itu hal yang menarik juga terdapat di dalam jurnal tersebut, diantaranya antusias dari mahasiswa yang terlihat dalam persentase. ternyata mereka merespon baik penggunaan software Cabri II Plus dalam pembelajaran mata kuliah konsep dasar matematika pada bahasan geometri.


untuk info lebih lanjut silahkan  klik disini ......